Thursday 2 October 2014

Cara Penyemaian Cabai : Viciousfarmer Blog

PENYEMAIAN CABAI

Oke tanpa basa basi karena saya ga sempat mikir apa yang akan saya ditulis (maklum petani), maka langsung saja kita mulai pembahasan tentang HOW TO BAGAIMANA cara penyemaian cabai dilakukan.

Yang harus disiapkan :

1. BENIH

YAK!! KALIAN BENAR, BENIH. Bagaimana bisa bertanam tanpa benih? kalian pasti sangat hebat jika ada yang berpikir sebaliknya. Benih bisa didapatkan dengan mudah dari Viciousfarmer Farm atau buatlah sendiri dari cabai yang dibeli di pasar (note: benih perlu berbagai perlakuan khusus agar dapat disimpan untuk jangka waktu yang lama dan dapat tumbuh dengan maksimal)

2. MEDIA TANAM

Saya tekankan sekali lagi, MEDIA TANAM, bukan MEDIA PLAYER ATAU 3GP PLAYER. DAH GA JAMAN
GAN! Sekarang formatnya .FLV (If you know what i mean : ). Juga bukan media sosial, apalagi media anti sosial.

3.BAK PERSEMAIAN

Bisa menggunakan tempat pesemaian yang dibeli ditoko maupun baki (tray) yang bisa dengan mudah didapatkan di dapur keluarga anda ATAU APALAH BEBAS, yang penting bisa digunakan untuk menyemai anak2 kegelapan yang kita sayangi dan cintai sepenuh hati.

4.APALAGI YA

kayaknya udah



OKE 3 2 1 STARTED


Seperti yang anda lihat di gamparbar sebelah kiri, saya memakai baki (tray) untuk media tanamnya, entah kalau dinegara kalian namanya apa. Tanah yang digunakan adalah campuran tanah, kompos, dan pasir 2:2:1. Jika PH TANAH kurang sesuai dengan bibit yang akan ditanam, gunakan campuran kapur dolomit agar tanaman lebih maksimal menyerap unsur hara yang dibutuhkan. Nanti saya akan memposting tabel kebutuhan Ph untuk bermacam tanaman.












TRUS DIPACUL KAYAK GINI
      SAMPE RATA



Bajak media tersebut sambil disiram air sampai gembur (jangan terlalu kering maupun basah) agar bibit tumbuh dengan baik. Jika sudah, buatlah larikan sedalam 2-3cm dan jarak antar larikan 5 cm (atau bebas) untuk menaruh benih-benih cabai.

TERSANGKA

Semaikan para anak2 kegelapan yang indah dan lucu tersebut kedalam larikan yang telah kalian buat. Tak perlu memikirkan jarak antar benih karena kita gak tau mana yang tumbuh dan mana yang kaga. Iye kan? Bener kan? Dalam teori, jarak antar benih kira2 3-5cm, tapi menurut saya, itu buang2 space dan tanah. Jarak 1-2cm antar bibit sudah cukup bagus. Kalo larikan udah ga ada space lagi buat naruh benih, lapisi dengan tanah halus setebal 1cm.

seperti ini :




SELESAIIIIIIIIIIIIIIIIIIIII
Tutupi dengan karung goni / daun pisang / koran. Jaga agar tetep lembab, disiramin dikit2 aja (i mean that,SEDIKIT) pagi sore atau sesempatnya untuk menjaga agar air tidak mudah menguap.. Tujuannya adalah menjaga kelembaban agar benih tumbuh dengan maksimal. Jangan sampai air menggenang dibagian bawah media, akan kurang baik untuk kondisi tanah maupun perakaran anak2 tersebut. Penutupnya bisa dibuka di hari ke 2-3 agar pertumbuhan tanaman tidak terganggu.


Sekian untuk hari ini, kalau ada yang mau ditanyain, komen aja.
Kalo mau hang out konsultasi atau sekedar liat2, langsung aja ke Viciousfarm SKTN YK
Sms atau call dulu tapi >>> Putu / Jacky - 085600959808

Salam sejahtera dan terimakasih.

No comments:

Post a Comment